Social Icons

Pages

Sabtu, 23 Februari 2013

Artikel Lingkungan Bersih & Lingkungan Kotor


A LINGKUNGAN BERSIH

Hidup di lingkungan yang sehat dan bersih adalah keinginan semua orang. Cara sederhana untuk mengetahui bagaimana ciri ciri lingkungan yang sehat dan nyaman adalah dengan cara menghirup udara di tempat tersebut. Udara yang segar adalah udara yang tidak tercemar oleh polusi. Untuk memperoleh lingkungan yang bersih sehat nyaman tentunya dengan cara menjaga kebersihan di lingkungan tempat tinggal kita sendiri.




Lingkungan Sehat Bersih Nyaman

Manusia serta semua makhluk hidup yang ada di muka bumi ini sangat membutuhkan udara yang sehat untuk bernapas. Udara yang masuk ke tubuh melalui hidung harus mengandung oksigen. Apabila kita menghirup udara yang bersih serta mengandung oksigen tersebut tentunyaa badan kita akan merasakn segar dan pada saluran pernapasan kita pun akan lancar. Dan ini sangat berbeda sekali dengan udara yang sudah tercemar polusi.

Untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat salah satunya dengan cara menanam tumbuhan hijau yang fungsinya untuk mengurangi polusi udara akibat dari pencemaran dari lingkungan yang tidak sehat. Tumbahn hijau yang ditanam ini akan meyumbangkan oksigen yang sangat diperlukan oleh manusia untuk bernafas. Udara disekitar tumbuhan hijau pastinya akan terasa segar dan dan bebas dari polusi udara, atau paling tidak bisa mengurangi polusi udara.

Untuk menciptakan lingkungan yang sehat sebetulnya juga tidaklah sulit dan bisa di awali dengan kesadaran diri sendiri dalam menjaga dan menciptakan lingkungan yang sehat. Hal ini bisa di awali dari hal-hal kecil yang mungkin sering dilupakan oleh banyak orang, seperti tidak membuang sampah sekecil apapun di sembarang tempat. . Lingkungan yang sehat bersih dan nyaman adalah lingkungan yang terbebas dari kontaminasi kotoran dari lingkungan yang ada di sekelilingnya. Sudah waktunya kita menjaga dan merawat lingkungan kita sendiri biar menjadi lingkungan yang sehat, bersih dan nyaman.

B.LINGKUNGAN KOTOR



Lingkungan Kotor

Kebiasaan buruk dengan membuang sampah sembarangan seakan sudah tak asing lagi, bahkan seakan  sudah terbiasa. Lingkungan kotor memang sudah menjadi suatu ciri khas warga kota, bagaimana tidak? Seperti  masih banyak ditemui sampah yang berserakan di lingkungan terlebih di sungai yang terlihat jelas terdapat banyak sampah, hingga hitam pekat warna air tersebut, dikarenakan adanya percermaran limbah.Bukan hanya itu lingkungan kotor pun terdapat di pemukiman padat seperti pemukiman padat pabrik, pariwisata, hingga kontrakan sekalipun, bagaimana tidak ?. Seharusnya warga sadar akan kebersihan lingkungan dengan membiasakan hidup bersih seperti membuang sampah pada tempatnya, membersihkan rumah dengan rutin  dan membiasakan anak hidup dengan kebersihan, bukan membiarkannya dengan bermain dilingkungan yang penuh dengan kotoran.

Penyakit tak datang dengan sendirinya melainkan lingkungan yang kotor, Sumber penyakit dapat tumbuh dengan cepat bahkan dahsyat berkembangannya, sumber penyakit pun terdapat pada, tumpukan sampah, limbah pabrik, hingga ada pada air yang tergenang. Air yang tergenang kenapa dapat menimbulkan banyak penyakit?, karena air yang terlalau lama tergenang dapat merangsang serangga nyamuk untuk dapat berkembang biak dengan cepat.Sumber penyakit juga banyak terdapat pada, ruangan yang tak terawat dan selokan pembuangan air kotor. Sumber penyakit dapat dihindari dengan membiasakan hidup sehat, dan membersihkan rumah setiap hari secara rutin agar sumber penyakit yang hinggap perlahan hilang dengan sendirinya.

Tubuh memerlukan lingkungan yang bersih yang terhindar dari banyaknya penyakit, bukan sebaliknya lingkungan yang kotor membuat tubuh terasa tak nyaman bahkan kesehatan pun dapat terganggu bahkan terjangkit suatu penyakit. Akankah warga sudah benar – benar menerapkan hidup sehat ?, sehingga terhindar dari penyakit.  Semua itu tergantung dengan warga yang menerapakan hidup bersih atau hidup kotor yang penuh dengan penyakit, maka disamping itu warga harus estra menjaga lingkungannya agar bebas dari penyakit.

1 komentar:

  1. Terimakasih,.. Artikelnya membantu anak sy mengerjakan tugas sekola!!

    BalasHapus